Minggu, 17 Januari 2010

Apa Itu Scanner

Scanner merupakan periferal komputer yang berguna untuk memindai (men-scan) gambar atau dokumen dalam bentuk teks di atas kertas kedalam dokumen komputer atau file komputer.
Scanner terbagi dua yakni: Hand-held Scanner dan Plat Bed Scanner.
Dari dua jenis terdapat perbedaan yaitu:
- Hand-held scanner yang pemakaianya menggunakan tangan untuk menscan objek dan banyak digunakan oleh supermarket untuk menscan harga barang atau barcode.
- Plat bed scanner yaitu scaner yang penggunaanya dengan cara meletakan objek yang akan discanner di antara lensa dan cover. Jenis ini banyak dipakai di kantor.
Selain Perangkat masukan yang dijelaskan diatas masih ada jenis input device yang lain seperti halnya kamera, light pen, digital device dan lain-lain.
Sedangkan fungsi dari scanner itu sendiri adalah mengcopy gambar atau teks yang kemudian Hasilnya akan ditampilkan di computer.
Dibawah ini ada beberapa jenis scenner dari dua jenis yang dijelaskan diatas:


"Hand-held scanner"




Pada gambar diatas terdapat 2 jenis bentuk dari Hand-held scanner yang terdiri port usb dan port 32.


"Plat bed scanner"


Pada gambar diatas terdapat 3 jenis bentuk dari plat bed scanner yang menggunakan port usb.
Setelah mengetahui jenis scanner dan bentuk - bentuknya kurang lengkap rasanya bila tidak diberi tau cara menggunakanya, oleh karna itu dibawah ini akan saya jelaskan lagi cara menggunakanya:


1.install driver dari scanner tersebut


Pilih install the software automatically, tekan next maka akan muncul gambar yang bertuliskan Pleace select the best match for your hardware from the list below. Setelah itu proses install akan berjalan dengan sendirinya, anda tinggal tunggu saja sampai muncul sebuah perintah untuk mengisi user dan organisasi setelah itu tekan next dan kemudian dia akan muncul perintah, anda cukup menekan i accept. Dan kemudian akan muncul tulisan completing the found new hardware wizard. kemudian klik finis dan selesai.


2.Cara kerjanya Plat bed scanner

- Gambar yang akan dipindai diletakan di atas permukaan kaca pemindai
- Sebelum gambar dipindai, komputer akan menentukan seberapa jauh motor stepper yang membawa lampu akan maju, jaraknya ditentukan oleh panjang gambar dan posisi gambar di kaca pemindai.
- Lampu mulai menyala dan motor stepper akan mulai berputar untuk menggerakkan lampu hingga posisi akhir gambar.
- Cahaya yang dipancarkan lampu ke gambar akan segera dipantulkan,kemudian pantulan yang dihasilkan akan dibaca oleh sejumlah cermin menuju lensa scanner.
- Cahaya pantulan tersebut akhirnya akan sampai ke sensor CCD
- Sensor CCD akan mengukur intensitas cahaya dn panjang gelombang yang dipantulkan dan merubahnya menjadi tegangan listrik analog.
- Tegangan analog tersebut akan diubah menjadi nilai dijital oleh alat pengubah ADC(analog to Digital)

- Sinyal dijital dari sensor CCD akan dikirim ke papan lojik dan dikirimkan kembali ke computer dalam bentuk data dijital yang menunjukan warna pada titik-titik gambar yang dipantulkan.

"siswa berwawasan IT"


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

1 komentar: on "Apa Itu Scanner"

Oki Helfiska mengatakan...

Anda telah mengerjakan tugas, nilai : 90

Poskan Komentar